#BIJAKBERPLASTIK
   

Menyebarkan Pesan Bijak Berplastik ke Tanah Air Melalui Emak-Emak

29 May 2019

Penggunaan plastik menjadi salah satu hal yang disoroti beberapa tahun ini. Plastik yang awalnya kawan, memang bisa menjadi lawan ketika tidak dikelola dengan baik.

Oleh karena itu, bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup 5 Juni 2018 lalu, Danone-AQUA mengumumkan #Bijakberplastik. Sebuah komitmen dan gerakan untuk turut mendukung target pemerintah mengurangi sampah plastiik di lautan sebanyak 70 persen pada 2025.

Gerakan ini merangkul partisipasi aktif seluruh elemen di masyarakat yang berkolaborasi dengan LSM, dan pemerintah. Salah satu cara untuk menjaring partisipasi masyarakat, dilakukan Danone-AQUA dengan merangkul pemilik AQUA Home Services (AHS).

AHS merupakan mikrodistribusi yang dibangun oleh Danone-AQUA. Uniknya, AHS menyasar ibu rumah tangga alias emak-emak. Danone-AQUA, dalam program ini, memfasilitasi para ibu rumah tangga untuk mendapatkan tambahan penghasilan dengan menjadi mikrodistribusi produk AQUA, terutama galon. Tentunya dengan sejumlah kemudahan. Emak-emak yang tergabung dalam AHS ini disebut sebagai AQUA Ladies yang juga berperan sebagai brand ambassador.

Kenapa?

Karena ketika berjualan, mereka juga membawa pesan kebaikan dari perusahaan kepada masyarakat. Harapannya, masyarakat memiliki kesadaran untuk memilih air berkualitas untuk menjaga hidrasi sekaligus mengelola sampah kemasan plastik.

Akan ada 1.000 AHS yang mendapatkan edukasi #Bijakberplastik setiap tahunnya dengan harapan 500 di antaranya menyebarkan pesan tersebut ke konsumen. Mereka akan menyalurkan pesan edukasi melalui kegiatan Teman AQUA dengan mengumpulkan para ibu di sekitar tempat tinggal mereka.

Danone-AQUA berambisi memperluas edukasi ini ke sekolah-sekolah untuk menjangkau 5 juta anak dan 100 juta konsumen pada 2025.

Nah, saat ini, telah ada sekitar 7.000 mikro distribusi AHS yang tersebar di seluruh Indonesia.

Ya, Danone-AQUA memang ingin membangun ekosistem pengelolaan sampah yang mencegah material plastik berubah menjadi material tidak bernilai. Melalui #Bijakberplastik, Danone-AQUA berambisi mengumpulkan lebih banyak sampah plastik dari yang diproduksi oleh AQUA pada 2025; memperluas program edukasi di sekolah untuk menjangkau 5 juta anak dan memimpin kampanye edukasi yang menargetkan 100 juta konsumen di 2025; dan memastikan penggunaan kemasan yang 100% dapat digunakan kembali, didaur ulang atau dapat terurai, serta menggunakan 50% material daur ulang.

KUNJUNGI FAKTA LAINNYA